Boku wa Tomodachi ga Sukunai

/
3 Comments
Boku wa Tomodachi ga Sukunai (disingkat Bokutomo) adalah sebuah light novel karya Yomi Hirasaka dan ilustrasinya yang cantik dikerjakan oleh Buriki. Buriki juga merupakan ilustrator dari light novel Denpa Onna to Seishun Otoko.

Sinopsis

Light novel ini berkisah tentang sebuah klub bernama Neighbours Club dimana tujuan didirikannya klub tersebut ialah untuk mencari teman. Adalah Kodaka Hasegawa, karakter utama kita yang bernasib kurang beruntung yang ditakuti di seluruh sekolah dikarenakan penampilannya yang seperti berandalan. Hal ini membuat Kodaka dijauhi oleh murid-murid lainnya yang otomatis membuatnya tidak memiliki teman. Di suatu sore, takdir mempertemukannya dengan seorang gadis bernama Yozora Mikazuki. Yozora adalah seorang gadis yang sehari harinya selalu bermuka masam dan bersifat kurang menyenangkan, meskipun penampilannya bisa dikategorikan menarik. Dan di sore itu Kodaka melihat Yozora sedang berbicara dengan seseorang dengan riang. Hal ini membuat penasaran Kodaka karena dia tidak pernah sekalipun melihat gadis itu berbicara dengan seorang murid pun di sekolah. Namun ketika Kodaka melihat ke dalam kelas tempat Yozora sedang duduk berbincang dengan 'seseorang' itu, ternyata ia mendapati kalau gadis itu tidak sedang bersama seorang pun!

Yozora pun kemudian menjelaskan kalau ia sedang berbicara dengan air friend-nya yang ia beri nama Tomo. Kodaka pun merasa kalau ada yang salah dengan gadis yang satu ini. Ia pun bertanya mengapa Yozora tidak mencari saja teman yang nyata. Yozora pun membalas dengan mengatakan kalau hal tersebut lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan. Kodaka kemudian menyarankan agar Yozora bergabung dengan salah satu klub di sekolah mereka. Namun saran tersebut ditolak mentah-mentah dengan alasan jika tidak akan semudah itu mendapatkan teman jika ia bergabung di pertengahan semester seperti ini dan hal tersebut hanya akan membuatnya malu. Namun saran Kodaka itu memundulkan ide di benak Yozora. Keesokan harinya sepulang sekolah Yozora mengatakan kalau ia baru saja membentuk sebuah klub baru bernama Neighbours Club yang mana aktivitas klub ini adalah mendapatkan teman. Dan tanpa sepengetahuannya, Kodaka telah dijadikan anggota klub yang pertama oleh Yozora (yang diputuskan secara sepihak). Maka dimulailah kisah mengenai klub aneh yang berisikan anggota-anggota yang tak kalah aneh ini.

Karakter
Kodaka Hasegawa
Tokoh utama dalam cerita ini. Kodaka memiliki rambut pirang dan mata yang menakutkan yang membuat penampilannya mirip seperti yankee sehingga mengakibatkan dirinya ditakuti oleh murid lain (mengingatkan pada Ryuji dari Toradora) dan tidak memiliki teman. Padahal sebetulnya rambut pirangnya itu natural karena dirinya merupaka keturunan campuran. Kodaka merupakan murid pindahan yang baru satu bulan berada di sekolah itu. Kodaka tinggal berdua saja dengan adik perempuannya yang bernama Kobato. Kodaka adalah anggota yang pertama bergabung dengan Neighbours Club.

Yozora Mikazuki
Seorang gadis yang selalu terlihat sendiri dan tidak punya teman. Mungkin hal ini disebabkan oleh sifatnya yang selalu terlihat kesal dan tidak pernah sekalipun tersenyum. Dialah yang membentuk Neighbours Club sekaligus mengangkat dirinya sebagai ketua klub itu. Sehari-harinya di klub ia selalu saja bertengkar dengan Sena. Cenderung manipulatif dan sering memiliki ide-ide aneh yang kadang tidak masuk akal. Sekilas sifatnya mirip Haruhi.

Sena Kashiwazaki
Anggota kedua Neighbours Club. Gadis yang hampir sempurna, kecuali pada sifatnya yang menyebalkan. Wajahnya cantik, rambut pirang, body yang membuat lelaki manapun bakal melotot, serta prestasi akademis yang bagus membuatnya sangat populer di kalangan murid pria. Namun sifatnya yang arogan membuatnya tidak akrab dengan murid perempuan lainnya sehingga dia memutuskan untuk bergabung Neighbours Club. Sering membuat Yozora sebal sehingga mereka berdua selalu saja bertengkar dan biasanya diakhiri dengan tangisan Sena. Sena merupakan anak tunggal dari pemilik sekolah.

Yukimura Kusunoki
Murid kelas satu yang merupakan anggota ketiga sekaligus maid dari Neighbours Club. Jangan tertipu oleh penampilannya karena Yukimura adalah seorang cowok. Lebih tepatnya cowok cantik. Dan 'cantik' disini adalah cantik dalam konteks moe. Masuk Neighbours Club karena mengagumi Kodaka karena menganggap Kodaka adalah sosok role model ideal lelaki sejati dan berharap bisa sepertinya. Sangat menghormati seniornya di klub dan memanggil mereka dengan sebutan hormat Aneki dan Anego.

Maria Takayama
Maria adalah seorang suster sekaligus guru pembimbing dari Neighbours Club. Biarpun dibilang begitu, Maria hanyalah bocah yang berumur 10 tahun yang dikibuli Yozora agar menandatangani perjanjian untuk menjadi guru pembimbing klub sekaligus memberikan ruangannya untuk menjadi ruangan klub. Karena masih kecil ia sering dipermainkan Yozora biarpun secarat derajat dirinya lebih tinggi.

Rika Shiguma
Gadis kelas satu yang jenius dan merupakan anggota keempat Neighbours Club. Dia merasa berhutang budi kepada Kodaka karena nyawanya telah diselamatkan. Rika memiliki kesan ilmuwan nyentrik pada penampilannya dan sering berbicara hal-hal yang terkesan ngawur. Rika sebenarnya adalah seseorang yang super pervert. Mendapat perlakuan super-VIP dari sekolah.

Kobato Hasegawa
Adik perempuan Kodaka yang masih duduk di kelas dua SMP. Gadis manis ini sehari-hari berpenampilan gothic loli dan terobsesi dengan gaya vampir. Dia mengatakan kalau dirinya adalah Reisys vi Felicity Sumeragi, seorang vampir yang telah hidup 10 ribu tahun. Berbicara dengan kata-kata yang aneh, yang merupakan bagian dari karakter vampirnya. Sama dengan kakaknya, Kobato juga memiliki trait rambut pirang dan mata yang biru (dan dia memakai kontak lens merah pada mata kanannya sehingga terlihat seperti heterochromia). Memanggil Kodaka dengan sebutan An-chan.

Penutup

Memang, light novel Boku wa Tomodachi ga Sukunai tidak bisa dibilang memiliki kisah yang original. Light novel ini terdapat unsur-unsur yang telah banyak didapati di anime ataupun manga lain. Cerita mengenai sekumpulan siswa yang membentuk klub sendiri bukanlah hal yang baru di dunia anime/manga/light novel. Namun untungnya karakter-karakter dalam light novel ini tidak membosankan. Hal-hal yang dilakukan di dalam ruangan Neighbours Club sangat menarik untuk diikuti. Banyak scene-scene yang lumayan mengundang tawa di sepanjang aku membaca novel ini. Dan harus diakui, desain karakternya sangat bagus.

 
Boku wa Tomodachi ga Sukunai adalah light novel terpopuler kedua di Jepang di tahun 2011 (berdasarkan light novel guide Kono Light Novel ga Sugoi!). Maka tak heran jika cepat atau lambat nantinya bakalan diadaptasi menjadi sebuah anime. Versi translasi dari light novelnya bisa dibaca di Baka-Tsuki dan summary dari novelnya (tentu saja spoiler) dapat dilihat di blog ini. Dan jika anda adalah tipe yang malas membaca kumpulan kata-kata yang panjang anda dapat mencoba membaca versi manganya. Menurutku manganya terbilang cukup bagus dalam mengadaptasi novelnya dan jokes-nya dapat membuat perut anda sakit karena tertawa.

Nilai Akhir: B+

Tambahan
Oh ya, daftar cast untuk drama CD-nya sudah diumumkan. Mungkin kita akan melihat versi animenya tak lama lagi...
Kodaka Hasegawa : Ryouhei Kimura (Takizawa Akira di Higashi no Eden)
Yozora Mikazuki : Marina Inoue (Yoko di Gurren Lagann)
Sena Kashiwagi : Kanae Itou (Serizawa Fumino di Mayoi Neko Overrun)
Yukimura Kusunoki : Aoi Uno
Rika Shiguma : Misato Fukuen (Yoshika Miyafuji di Strike Witches, Konjiki no Yami di To-Love Ru)
Kobato Hasegawa : Kana Hanazawa (need no introduction I guess)
Maria Takayama : Yuka Iguchi (Index di To Aru Majutsu no Index.. for God's sake!)
UPDATE: F*CK YEAHH!!!! AKHIRNYA BENERAN JADI ANIME!!!
http://www.animenewsnetwork.com/news/2011-05-17/boku-wa-tomodachi-ga-sukunai-light-novels-gets-tv-anime

3 comments :

  1. aku suka dengan animme kocak kayak gini ^^

    ReplyDelete
  2. Ini kayaknya sama kaya oreimo dan henneko ?

    ReplyDelete