Review: Ghost Trick

/
5 Comments
For some reasons, saya merasa berdosa jika tidak menulis review mengenai game luar biasa ini. So here we are, the review of Ghost Trick.


Ghost Trick adalah sebuah game yang belakangan ini berhasil mencuri perhatian para gamer. Dan game yang satu ini tak lain dan tak bukan dirilis di konsol handheld yang beberapa bulan lagi bakal mencapai penghujung hayatnya, Nintendo DS.

Ghost Trick tentu tidak bakalan tertangkap oleh radar saya jika saja dirilis oleh developer yang tidak ternama. Namun lain halnya jika ternyata game ini merupakan karya Shu Takumi, yang terkenal sebagai bapaknya serial Phoenix Wright Ace Attorney. Serial Ace Attorney merupakan salah satu game favorit saya sepanjang masa.

Sebagai sebuah game yang lahir dari tangan seorang Shu Takumi, Ghost Trick memiliki beberapa elemen yang serupa dengan Phoenix Wright. Deretan karakter yang 'berwarna', storyline yang penuh plot twist maupun soundtracknya yang memanjakan telinga.

Tapi bukan berarti Ghost Trick adalah game yang tidak orisinal sama sekali. Ghost Trick adalah sebuah game yang unik, menantang, dan tentu saja sangat menghibur dengan adanya dialog-dialog kocak. Ghost Trick memiliki gameplay yang dapat dikatakan fresh. Di dalam game ini, sang karakter utama adalah seorang (?) hantu. Dimana sang karakter utama dapat mem-possess benda-benda tertentu untuk menolong orang lain yang akan menghadapi kematiannya. Lumayan sulit pada praktiknya, sebab sebagai hantu anda tidak bisa berinteraksi dengan makhluk yang hidup.

Sebagai seorang hantu, sang karakter utama memiliki kekuatan khusus yang dapat kembali ke empat menit sebelum kematian korban. Dari sana lah anda berusaha mencari tahu apa penyebab kematian dari korban dan berusaha merubah takdir si korban.

Genre yang ditawarkan oleh Ghost Trick adalah puzzle. Saya tahu pasti anda sedang mengernyitkan alis dan berpikir, "Puzzle? Membosankan!". Anda salah besar. Puzzle disini bukanlah puzzle menjemukan ala Professor Layton.Saya ingin menceritakan puzzle-puzzle yang terdapat di game ini namun tentu saja hal itu akan menjadi spoiler maka saya tidak akan membeberkannya.


Hal yang sangat saya senangi dari serial Ace Attorney adalah plot twist yang benar-benar twisted. Maka ketika saya menjumpai sederet plot twist menjelang akhir game saya sangat senang. Saya masih ingat feeling yang didapat saat mendapati Mia tewas di Phoenix Wright Ace Attorney. Dan juga saat mengetahui identitas asli dari Godot di Trials and Tribulations. Feeling-feeling seperti itu juga lah yang saya rasakan saat memainkan Ghost Trick.

Satu lagi aspek yang tidak dapat diabaikan adalah animasi dari game ini yang sangat fluid dan nyaris tanpa cela. Game ini benar-benar mendorong kemampuan hardware DS sampai ke titik maksimal.

Well, sebetulnya penjelasan saya barusan sama sekali tidak menggambarkan seperti apa itu Ghost Trick. Anda sepertinya harus mencobanya sendiri untuk merasakan nikmatnya gameplay yang disodorkan oleh Capcom. Jika anda ingin mencobanya, anda dapat mendownload romnya dari sini, dan jangan lupa emulatornya. Tentu saja hal ini ilegal so use it at you own risk.

Akhir kata jiwa gamer saya bagaikan terlahir kembali. Sudah lama saya tidak merasakan efek fangasm di dunia game. Game ini jelas salah satu kandidat game terbaik 2011. Dan game ini dirilis pada bulan *Januari* kemarin. Tampaknya tahun ini bakal menjadi tahun baik bagi dunia gaming. Dan saya sangat, sangat berharap game ini bakal mendapat sekuel. Oh ayolah Capcom. Dan tak lupa saya juga berdoa semoga game Prof Layton vs Phoenix Wright bakal rilis di US.
Fear not, my dear brother! This game also features, not only one, but two cute lolis (and a cute dog too).
tl;dr
Fans Phoenix Wright ataupun tidak, anda harus mainkan game ini. Review saya mungkin cukup ngaco karena saya ngantuk tapi percayalah, game ini sangat, sangat keren.

5 comments :

  1. saya tau game ini keren..

    tapi minggu2 ini saya ga punya waktu buat main game.. T^T*curhat*

    ReplyDelete
  2. Review yang misterius sekali dan setelah ke sitenya dsmume, wow ada build yang Mac <3, gak nyangka. Dulu klo main terpaksa lewat VMware. Gak lucu emu yang dimainkan lewat emu. Nyoba dulu coz penasaran.

    ReplyDelete
  3. review yang misterius orz
    saya kurang begitu lancar nulis review game


    silakan dicoba gamenya, pasti ga nyesel

    ReplyDelete
  4. Tanggung jawab!! Adiktif nih oooi <3.

    ReplyDelete