Mengintip Musim Depan

/
4 Comments
Kesan pertama saya setelah melihat chart untuk anime musim depan: FABULOUS MAX!! Fall 2011 manjanjikan jajaran anime-anime yang agaknya cukup berkualitas jika dibandingkan dengan summer ini. Well, meskipun sepertinya anime sarat fanservice dan moeblob masih tetap ada tapi setidaknya kuantitasnya tidak seekstrim musim panas ini.

Mari kita beberapa anime yang membuat saya tertarik. Pertama ada Guilty Crown, sebuah proyek ambisius dimana jejeran nama-nama seperti Tetsuo Araki (Death Note), redjuice (illustrator supercell), dan ryo supercell turut ambil bagian dalam proyek ini. Belum lagi studio yang memproduksinya adalah I.G Production (yang saya yakin anda sudah paham kualitas anime bikinan mereka) dan akan ditayangkan di blok noitaminA.

Anime selanjutnya adalah Fate/zero, yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi para fans Type-Moon dan Nasuverse. Diangkat dari light novel berjudul sama (bisa dibaca translasinya di BT), anime ini  adalah prekuel dari Fate/stay night yang mengambil setting 10 tahun sebelum kejadian di F/sn dimana terjadi perang perebutan Holy Grail keempat. Beberapa tokoh dan servant dari F/sn bakal muncul lagi. Soal animasi tidak usah khawatir, karena kali ini bukan Studio Deen. Adalah studio ufotable yang terkenal dengan animasi luar biasanya di Kara no Kyoukai yang akan memproduksi anime Fate/zero ini.

Kemudian ada Tamayura, anime ringan yang nuansanya mengingatkan saya pada Aria. OVA 4 episodenya yang lalu tidak begitu buruk, saya cukup suka dengan karakter-karakternya meskipun tergolong klise. Tamayura sepertinya bakal mengisi slot calming anime saya buat musim depan yang bakal ditinggalkan Usagi Drop dan Hanasaku Iroha.

Selanjutnya ada dua sekuel dari anime tahun lalu yang tergolong cukup banyak memiliki fans, Shinryaku !? Ika Musume dan Working'!!. Season pertama dari kedua anime tersebut lumayan solid walaupun tidak menawarkan sesuatu yang benar-benar baru. Keduanya adalah anime slice of life jadi mungkin saya tidak terlalu menggebu-gebu untuk mengikutinya tiap minggu namun yang pasti saya akan tetap mengikuti kedua anime tersebut.

Lanjut ke Last Exile: Fam, The Silver Wing. Wow Gonzo telah kembali! Dan tidak tanggung-tanggung, mereka berniat menghidupkan kembali seri Last Exile yang cukup melegenda itu. Well sejujurnya saya belum pernah  menonton Last Exile (meskipun sudah lama mendekam di HDD). Range Murata kembali berpartisipasi sebagai character designer, sepertinya saya wajib menontonnya nih. Hmm sudah 8 tahun berlalu sejak Last Exile pertama tayang, mungkinkah anime ini menarik kembali fans-fans lama sekaligus baru untuk menikmati Fam, The Silver Wing?

Anime Mirai Nikki akhirnya bakal tayang juga musim depan. Saya akui saya sedikit khawatir adaptasi anime ini bakal mengkhianati (lol bahasanya) kepercayaan saya terhadap kualitas manganya seperti yang dilakukan Manglobe pada Deadman Wonderland (yeah, I'm still MAD). Untuk animasi sih sepertinya cukup bagus jika mengacu kepada OVA 8-menitan yang dirilis beberapa waktu lalu. Tergantung situasi, mungkin bakalan saya ikuti jika nantinya Asread tidak melakukan sensor-sensor yang aneh terhadap kontennya (I'm looking at you Manglobe).

Dan inilah anime yang paling saya tunggu-tunggu.... Boku no Pi-, ehm maksud saya... Boku wa Tomodachi ga Sukunai!!! (tidak, tanda seru itu tidak ada di judul). Jika anda menyimak blog ini beberapa waktu lalu pasti sudah tahu betapa hype-nya saya terhadap serial yang satu ini. Ya, saya tahu mungkin anime ini hanya bakal menjadi adaptasi yang so-so saja seperti halnya adaptasi light novel favorit saya lainnya Ore no Imouto bahkan studio yang memproduksi sama, AIC Build. Tapi saya menikmati OreImo, meskipun animenya jauh dari harapan saya, jadi mengapa tidak untuk BokuTomo. Yang pasti kesan awal saya adalah kecewa karena desain karakter di animenya sangat jauh dari goresan khasnya Buriki. Oh well, setidaknya para seiyuu yang ada di anime ini adalah seiyuu papan atas seperti HanaKana, Marina Inoue, dan Itou Kanae. Bottomline is I can't wait for mai waifu Sena! (go away haters)

Para gamer tentu tidak asing lagi dengan judul yang satu ini. Yup, Persona 4 The Animation yang diangkat dari game RPG konsol PS2 berjudul sama. Yang jelas kali ini adalah anime yang benar-benar 'dekat' dengan seri Shin Megami Tensei, tidak seperti Persona Trinity Soul yang gagal itu. Soal plot dan karakter tidak usah diragukan lagi karena hal inilah yang menjadi daya jual gamenya. Yang saya harapkan ialah AIC ASTA dapat menganimasikan battle Persona dengan keren. Mungkin kedepannya bakal ada anime-anime SMT lain seperti Devil Summoner atau Devil Survivor?

Kira-kira beberapa anime itulah yang saya harapkan bakalan menjanjikan. Anime-anime lain mungkin mesti melihat situasi di beberapa episode awal. Seperti Kyoukai Senjou no Horizon bikinan Sunrise yang sepertinya kembali mengangkat tema "melawan sistem" yang sering diterapkan pada anime belakangan ini. Un-Go yang juga akan mengisi slot anime noitaminA musim depan masih belum banyak memiliki informasi selain kalau studio Bones lah yang akan menganimasikannya. Bagi penggemar Gundam ada Mobile Suit Gundam AGE yang kabarnya ketika diumumkan banyak mendapat reaksi negatif dari para fans. Para fujoshi dapat menikmati Kimi to Boku, sebuah anime slice of life yang membalikkan trope cute girls doing cute things menjadi cute boys doing cute things. Pernah baca manganya cukup menarik sih. Ada juga anime yang cukup mengejutkan yakni Lupin III yang bisa dibilang merupakan anime tua.

Saya tidak mengikuti kedua season awalnya, jadi sudah jelas saya akan pass menonton Shakugan no Shana III, tapi yang pasti ada seorang teman saya yang tidak akan melewatkan anime yang satu ini. Begitu juga anime dengan premis cukup unik karena berfokus kepada puzzle Phi Brain: Kami no Puzzle. Terdengar familiar? Ya entah kenapa jadi mengingatkan saya pada seri game Professor Layton. CubexCursedxCurious (C3) sepertinya juga bakal saya pass, meski cukup penasaran juga karena dulu pernah membaca sekilas light novelnya. Dan seperti biasa, pasti selalu ada adaptasi dari visual novel. Kali ini ada Majikoi dan Mashiro-Iro Symphony. Yah sejujurnya saya tidak peduli sih, kecuali terhadap fakta kalau Manglobe mengadaptasi sebuah eroge hahaha.

Untuk jajaran movie dan OVA tidak ada yang benar-benar menarik. Hanya satu dua judul yang berhasil menangkap perhatian saya seperti Tekken: Blood Vengeance yang secara bukan anime karena merupakan animasi CG 3D seperti FFVIIAC, Hotarubi no Mori e yang manganya sangat bagus dan saya rekomendasikan untuk dibaca, dan yang terakhir To Aru Hikuushi e no Tsuioku. Diangkat dari sebuah manga yang sudah terbit di Indonesia dengan judul Recollection of a Certain Pilot dan adaptasinya akan dilakukan oleh Madhouse.

Wah awalnya saya hanya ingin menulis beberapa paragraf singkat saja tapi ternyata sudah jadi seperti preview. Tapi tak apalah, fall juga masih lama, saya juga hanya ingin menghabiskan waktu sambil minum teh manis ketika memutuskan untuk menulis entry ini. Baiklah sekian saja tulisan saya di Minggu pagi yang cerah ini. Oh ya, karena mulai besok adalah bulan Ramadhan jadi saya sekalian ingin mengucapkan: "Selamat menunaikan ibadah puasa bagi anda pembaca sekalian yang menjalankannya." 
Hayo segera selesaikan eroge-mu dan simpan dalam-dalam folder doujin yang ada di HDD-mu >:)

4 comments :

  1. WWWWWWWWWUTTTT baru pertama denger ada sekuel mbak Ika musume :tears of man:

    ReplyDelete
  2. Hahaha saya juga awalnya nggak tau

    ReplyDelete
  3. Whua, kamu mendahuluiku untuk preview musim ini!

    Aku emang agak lama enggak kepikiran soal ini karena udah nyadar sejak awal ada banyak judul seru yang pengen kuikutin.

    Great info bro.

    ReplyDelete
  4. Thanks bro.

    Saya tunggu preview versi anda.

    ReplyDelete