little by little

/
8 Comments
Sudah lama saya nggak menulis postingan tentang musik, jadi saya akhirnya nulis ini. Sebetulnya ini tulisan yang agak mengarah ke curhat sih. Kali ini saya ingin mengenalkan band bernama little by little yang mungkin namanya masih terdengar asing di telinga anda. Namun bagi saya, band beranggotakan dua orang ini  punya sejarah sendiri dalam hidup saya yang membuat saya menjadi diri saya seperti sekarang ini. Sebelumnya mohon hiraukan beberapa konotasi nan lebay yang terdapat di postingan ini.
Little by little adalah sebuah band beraliran rock (pop rock? I'm not sure) yang digawangi oleh duo Hideco sebagai vokalis dan Tetsuhiko sebagai komposer. Little by little adalah band Jepang pertama yang membuat saya terobsesi dengan musik-musik buatan mereka. Lagu mereka yang pertama kali saya dengarkan adalah 悲しみをやさしさに (Kanashimi wo Yasashisa ni) yang merupakan opening dari anime, coba tebak apa? Ya, Naruto. Mari kita semua bersama-sama untuk tidak menekankan kepada fakta kenapa saya menonton Naruto melainkan bagaimana saya bisa secara instant jatuh cinta kepada suara imut Hideco.

Saat itu kalender menunjuk tahun 2008 ketika saya mendengarkan lagu ini di televisi (dan kemudian dari handphone seorang kenalan saya). Masa-masa itu pengetahuan saya seputar Jepang masih sangat newbie, hanya sebatas manga, sedikit anime dan musisi Jepang yang saya suka hanya Utada Hikaru. Namun setelah mendengar lagu 悲しみをやさしさに saya merasakan perasaaan aneh yang belum pernah dirasakan sebelumnya, seolah pintu hati saya terbuka kepada musik-musik Jepang lainnya. Suara Hideco (dia cewek btw) yang lembut namun memiliki karakter vokal yang maskulin terasa baru bagi saya yang saat itu merupakan penganut musik aliran punk rock macam Blink-182 dan My Chemical Romance. Belum lagi aransemen gubahan sang komposer Tetsuhiko yang sangat catchy, lagu tersebut menjadi earworm selama berminggu-minggu.

Karena saking penasarannya hingga membuat saya susah tidur, bermodalkan modal tiga ribuk perak saya pergi ke warnet terdekat dan segera memasukkan keyword "little by little" di website Mbah Google. Malang bagi saya, hasil yang ada tidak akurat karena nama little by little sepertinya kurang begitu dikenal. Untungnya dengan skill stalking mengumpulkan informasi saya yang saat itu sudah lumayan di atas rata-rata tak memakan waktu yang lama hingga akhirnya saya sampai ke sebuah forum yang salah satu threadnya membahas lbl (saya singkat saja). Setelah bertanya-tanya sedikit kemudian saya sampai ke sebuah situs fanlisting khusus lbl bernama Summer Kids (website nya sudah tutup, tapi ini linknya) dan akhirnya berkenalan dan berkorespondensi dengan beberapa fans lbl lain melalui sarana e-mail. Situs fanlistingnya sendiri masih sedikit memiliki member, kira-kira sekitar 50-an orang. Dari beberapa fans itulah saya mendapat info tentang beberapa singel dan sebuah album yang dimiliki lbl.

雨上がりの急な坂道 (2004)
Sayang sekali mereka tidak bisa mengupload koleksi album lbl mereka  (mungkin masalah koneksi atau hak cipta, entahlah) namun mereka memberi tahu dimana saya bisa mengumpulkan lagu-lagu lbl. Pada jaman itu koneksi internet tidak seenak sekarang (setidaknya di kota saya tinggal). Bisa dibayangkan bagaimana perjuangan untuk mengumpulkan lagu-lagu lbl yang saya saya download melalui berbagai website yang sama sekali bukan file hosting. Ya, saya mendownload file streaming dari sebuah website musik streaming yang untungnya ada seorang user disana yang memiliki koleksi album lbl lengkap. Tanpa banyak basa-basi saya pun langsung mendownload lagu-lagu tersebut dan tak lupa mengucapkan terima kasih kepada si user yang berbaik hati mau berbagi koleksi miliknya. Proses mendownload lagunya sendiri memakan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Si empunya warnet bahkan sudah sampai hapal wajah saya dan lokasi kompi favorit saya (yang sudah saya pasang bermcam-macam software leeching).

Setelah koleksi single, album dan PV-nya lbl milik saya lengkap saya tidak berhenti disitu saja. Saya menjelma menjadi stalker level tinggi dan menstalk blog para personil lbl. Untungnya Hideco bukan tipe yang menyembunyikan wajah di blognya. Hal ini tentu menguntungkan bagi stalker berguna bagi orang yang ingin tahu lebih dekat tentang sosok pribadinya. Dalam waktu singkat koleksi foto Hideco yang saya comot dari blog beliau meningkat pesat. Sampai sekarang pun koleksi tersebut masih tersimpan rapi di folder komputer saya. Karena hal itu lah, saya tidak hanya suka lbl karena musik mereka saja, tapi karena sosok Hideco yang manis 

Pray PV (2008)
Pengalaman mengoleksi lagu-lagu lbl ini mungkin menjadi titik awal ketertarikan saya dengan dunia (musik) Jepang. Setelah kesengsem berat dengan lbl saya mulai mendengar banyak musisi Jepang lainnya seperti Yui Makino dan Maaya Sakamoto. Dari sana lah saya dimulai ketertarikan saya untuk menekuni karir (lol) dalam dunia anime/manga/j-musik secara serius. Little by little adalah gateway drug saya ke dunia per-otakuan (meskipun saya bukan otaku). Bagi saya sendiri, little by little mungkin seperti pendahulu spiritual dari supercell. Meskipun dari segi musik mereka berbeda, namun konsep mereka sama: seorang cewek bersuara merdu + komposer imba. Sampai sekarang saya masih bingung mana yang lebih saya suka, Hideco atau Mbak Nagi?

little by little Discography
Singles:
[2003.12.17] 悲しみをやさしさに
[2004.04.14] LOVE & PEACE
[2004.08.11] 雨上がりの急な坂道
[2005.04.20] シンクロ
[2005.06.08] ハミングバード
[2007.12.05] キミモノガタリ
[2008.05.28] Pray
[?] Never Too Late

Album:
[2005.07.20] Sweet Noodle Pop

Style musik mereka sendiri tidak ada yang istimewa. Hanya saja perpaduan suara imut Hideco dan kepiawaian Tetsuhiko dalam mengaransemen lagu sudah lebih dari cukup. Lagu-lagu mereka sangat easy listening dengan mengedepankan melodi-melodi yang catchy. Lirik-lirik lagu mereka meskipun terkadang tidak masuk akal namun menambah keunikan dari lagu tersebut. Jika anda ingin mencoba mendengarkan lagu-lagu mereka anda dapat mencoba keberuntungan anda di Youtube. Yah sampai sekarang pun masih cukup sulit untuk menemukan lagu-lagu lbl di internet. Saya berencana dalam waktu dekat akan mengupload koleksi album dan single lengkap yang saya punya, semoga saja membuahkan hasil.

Mai (first) 3D waifu. U jelly?
Tidak saya pungkiri lagi kalau little by little sampai sekarang masih tetap saya ingat sebagai band yang membuka jalan bagi saya menjadi diri saya yang sekarang. Mungkin terdengar konyol tapi itulah kenyataan, setidaknya itulah yang saya rasakan. Yah, barangkali kalaupun saya tidak secara kebetulan menonton Naruto pada hari bersejarah itu dan saya tidak mendengar lagunya lbl saya mungkin masih akan tetap menjadi diri saya yang sekarang ini, hanya saja melalui perantara yang berbeda. Yang bisa saya tegaskan adalah saya tidak menyesal sedikitpun menempuh jalan yang sekarang saya lalui ini. End of story.

(Huh, btw sejak kapan tulisan ini jadi wall of text gini. Well, biarlah. Barangkali ada suatu saat nanti dimana saya bakalan manly tears ketika membaca postingan ini lagi)
Dan doi bisa bermain gitar juga. Krauser style!

8 comments :

  1. Hoo, ini satu band yang aku sama sekali enggak tahu. Aku agak ketawa waktu kamu bilang mereka yang kemudian membuatmu tertarik dengan Sakamoto Maaya dan Makino Yui.

    (...Apa bakal ada yang ngulas Iosys?)

    ReplyDelete
  2. Sebetulnya bukan cuma mereka berdua sih, tapi lebih kepada membuat saya tertarik kepada J-music pada umumnya. Hanya saja kebetulan Yui dan Maaya lah yang awal-awalnya pertama kali saya dengar.

    ReplyDelete
  3. yuppp,,saya sama kyk agannn,,saya juga fans little by little,,
    hal yg bwat ane trtarik ma ni band hampir sama dngan agan,,
    slain krakter vokal hideco yg super imut,wjahnya pun mnis bnget,,,
    koleksi lagu ma video LBT ane msi sdikit,coz susah bnget nyarinya,,
    bgi2 dong gan koleksi agannnn

    ReplyDelete
  4. Ane juga fans Little by Little. Yang bikin ane tertarik sih pada saat dengerin opening naruto 3 (kalo nggak salah...). Suarax Hideco itu imut2 gimana gitu, pokokx bikin ane kangen kalo ndak dengerin he..he..hee...
    Yang penting ane udah punya Full Koleksi Musik termasuk Video Klipx... :-)

    ReplyDelete
  5. "Hummingbird" salah satu lagu yang membuatku begitu wahhh (ya mgkin perasaan hampir sama dg agan yang punya lapak ini seolah menemukan warna musik yang bener2 beda ga tau lah dari segi apapnya susah dijelasin)..
    dan terlebih lagi begitu tau yang nyanyi cakep wuiiihhh makin salut dengan gaya musik unik,aransemen lagu yang unik juga dan suara yang imut2..
    seperti Judi MAry atau si vokalis EVO...suaranya yang bikin menarik..
    yah teramat sayangnya blum banyak orang yang tau,,


    thanks buat agan dan keep post..

    ReplyDelete