Spring 2011 Final Impression

/
5 Comments
Spring sebentar lagi bakal berakhir dan akan segera berganti dengan summer. Puluhan episode anime telah ditayangkan sepanjang musim ini untuk dinikmati oleh jutaan anime fans di seluruh dunia. Nah, apa saja anime-anime yang telah saya tonton di musim ini? Dan bagaimana kesan saya? Berikut Spring 2011 impression post.

Series:
30-sai no Hoken Taiiku
Awalnya saya cukup pesimis dengan anime satu ini. Dengan berat hati saya menonton beberapa episode awal, dan hasilnya ternyata anime ini lumayan mendidik. Di luar dugaan endingnya bisa dibilang bagus; bahagia dan sedih secara bersamaan. Dan saya tidak bercanda, cobalah anda saksikan sendiri.

Ano Hi Mita Hana no Namae o Bokutachi wa Mada Shiranai
Anime yang telah membuat heboh sejak episode pertama. OMG TEH BEST DRAMA ANIMMEH EVARR BAWW LOLOL!!!!11 begitu yang mereka ucapkan saat menyaksikan episode pembuka. Apa mau dikata ternyata segalanya berjalan tidak begitu sesuai dengan yang saya harapkan. Beberapa episode memang cukup bagus menampilkan kesan emo remaja namun secara keseluruhan anime ini hanya terpusat kepada satu karakter hantu/makhluk halus, dengan kata lain Menma-centric. Saya malah lebih penasaran dengan bagaimana hubungan para karakternya (yang masih hidup) daripada Menma. Apakah Yukiatsu adlah seorang gay? Apakah Anal bakal menemani om-om di akhir cerita? Apakah Poppo pernah mampir ke Indonesia? Kita tidak bakal pernah tahu :(

Ao no Exorcist
ups salah
Agak mengejutkan bagi saya, ternyata Ao no Exorcist lebih menarik dari yang saya duga. Walaupun dipenuhi oleh segala trope-trope anime shonen pada umumnya yang klise, Ao no Exorcist tetap menyenangkan buat ditonton di waktu santai. Biarpun begitu saya tidak yakin apakah bakal meneruskan menonton anime ini hingga akhir.

[C] The Money of Soul and Possibility Control
MACROMICROMEZZOFLATION DIRECT AGIDYNE SCORCHED EARTH BLIZZAGA A-A-A-A-ANGEL HYPER BEAM OVERHEATED ECONOMY YOU HAVE GAIN. Ternyata pada akhirnya saya sama sekali tidak mengerti anime apa ini sebenarnya. Satu-satunya yang membuat saya menonton C adalah pertarungan super lebay para Trainer Enterpreneur dengan menggunakan Persona Asset mereka. Didampingi dengan visualisasi Financial District yang menarik walaupun tidak begitu istimewa. Satu hal lagi dari anime ini yang membuat otak saya mengeluarkan bau hangus adalah bagaimana endingnya begitu membingungkan dan tidak jelas.

Deadman Wonderland
Terus terang saya tidak begitu kagum dengan adaptasi anime Deadman Wonderland ini. Mungkin sebagian besar karena saya sudah tahu bagaimana plotnya akan mengarah kemana. Tapi mau didrop pun sudah tanggung, mau tidak mau akan saya tonton sampai habis.

Denpa Onna to Seishun Otoko
Saya bingung apa yang membuat saya terus menantikan anime ini tiap minggu. Yang jelas bukan karena plot, plot hampir sama sekali tidak eksis di Denpa Onna. Mungkin karena (lagi-lagi) karakternya yang memiliki desain yang kawaii uguu? Atau karena ini anime bikinan SHAFT? Yang jelas tiap episodenya terasa begitu ringan sehingga tak sulit untuk menyisakan waktu sekitar 25 menit tiap malam Sabtu untuk menikmati Denpa Onna.

Fireball Charming
Drossel-ojousama, Drossel-ojousama. Anime singkat berdurasi 2 menitan yang entah kenapa memiliki daya tarik misterius (charming ?) sehingga saya selalu tak lupa mengikuti anime yang satu ini sejak season satunya. Yah Walaupun saya awalnya agak kecewa dengan perubahan desain karakternya (saya lebih suka dengan desain Drossel di S1-nya).

Hanasaku Iroha
Satu lagi anime yang bisa dikategorikan ringan sehingga bisa dinikmati kapan pun dimana pun. Ya, terkadang Ohana sebagai karakter utama telihat terlalu memaksakan diri sehingga terkesan idiot dan hal itu tak jarang agak menjengkelkan buat saya. Semoga di sisa episodenya Hanasaku Iroha tetap mengutamakan unsur ringan ini dan tidak memaksakan diri untuk membangun drama yang tidak masuk akal.

Nichijou
Ahh Nichijou. Sebagai anime yang berpusatkan kepada interaksi karakternya yang konyol Nichijou bisa dibilang sukses. Meskipun begitu terkadang ada lelucon-lelucon yang tidak bisa ditranslasikan karena perbedaan budaya. Untungnya Nichijou tidak terpusat hanya kepada 3 atau 4 karakter saja seperti anime-anime pendahulunya. Banyak karakter-karakter unik yang masing-masing menampilkan kelucuan yang berbeda. Definitely worth watching.

Steins;Gate
Steins;Gate adalah anime yang paling saya tunggu-tunggu tiap minggunya. Disamping plotnya yang menjanjikan (Mado Scientisto vs Evil Organization), para karakternya juga memilki kepribadian yang menarik. Saya tak pernah terbosankan dengan tingkah Okarin tiap episodenya. Steins;Gate jelas merupakan salah satu calon anime terbaik 2011 bersaing dengan *uhuk*Madoka*uhuk*.

The World God Only Knows II
Ya, saya masih mengikuti TWGOK. Meskipun tidak ada hal yang baru di animenya tapi hal tersebut malah entah kenapa membuat saya tetap tertarik buat menontonnya. Melihat para heroine dari manganya yang kini dianimasikan dan disuarakan membuat saya selalu semangat mengikuti TWGOK.

Tiger & Bunny
Saya baru mulai nonton Tiger & Bunny sekitar akhir minggu lalu karena kebosanan yang akut. Dan ternyata lebih bagus dari yang saya harapkan. Siapa yang menduga kalau anime mengenai superhero dengan kostum norak yang tampil di acara reality show dapat diadaptasi dengan menarik. Salut buat Sunrise (dan sponsor-sponsornya) atas anime yang satu ini

Yondemasu yo, Azazel-san
Lagi-lagi anime yang awalnya saya tidak berniat menontonnya. Berkat salah satu thread di Kaskus akhirnya saya memutuskan untuk menonton anime ini di awal musim lalu. Saya mengira anime ini hanya anime konyol biasa berisi karakter yang membuat lelucon - lelucon bodoh. Dan ternyata memang benar, ini adalah anime konyol berisi karakter yang melontarkan guyonan bodoh. Tapi ini konyol disini bukan konyol biasa, mungkin saya bisa membandingkan dengan (dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada Krauser-san) Detroit Metal City. Saya serius.

OVAs:
Koe de Oshigoto! (Episode 2)
Masih seperti episode 1, tidak ada yang istimewa.

Nana to Kaoru
Lumayan.

Katte ni Kaizou
SHAFT, Shinbo dan Kumeta-sensei. God-tier voice casts. Things can't go wrong, right?

Closing Words
Pada preview Spring kemarin saya membagi beberapa anime yang akan saya tonton menjadi tiga tahap:

1st Tier
Deadman Wonderland
Nichijou
Nana to Kaoru

2nd Tier
Denpa Onna to Seishun Otoko
Tiger and Bunny
The World God Only Knows II
Steins;Gate
[C] The Money of Soul and Possibility Control

3rd Tier
Hanasaku Iroha
Hen Zemi
Hidan no Aria
Tono to Issho
Ao Exorcist
Moshidora
Ano Hana
Sket Dance
Dororon Enma-kun

Ternyata anime di 2nd tier malah lebih berpotensi dari 1st tiernya. Anime-anime 3rd tier seperti Moshidora, Hidan no Aria dan Hen Zemi saya drop di episode awal karena kurang menarik. Dan ada beberapa anime di luar perkiraan saya seperti Yondemasu yo, Azazel-san dan 30-sai yang tidak saya masukkan di preview namun malah saya ikuti.

Secara umum, Spring 2011 adalah season yang luar biasa menghibur. Jika dibandingkan dengan Winter 2011 dimana saya praktis hanya mengikuti 4 judul anime, di musim ini ongoing anime yang saya ikuti melonjak menjadi 13 judul. Dan lagi banyak dari anime yang saya ikuti musim ini memiliki 24-26 episode sehingga masih berlanjut ke summer. Ngomong-ngomong summer saya belum memposting summer preview, draftnya sudah hampir selesai jadi tinggal tunggu saja waktu yang tepat.

Demikianlah kesan atau impresi saya mengenai anime Spring 2011. Season yang cukup memorable karena berisi deretan judul-judul yang fantastis. Tentu saya harapkan musim-musim depan bakal jauh lebih bagus lagi. Bye!

5 comments :

  1. saia pernah baca manganya (katte ni kaizo)
    dan hasilnya.....malah nggak mau nonton...*ngacir

    uhm..tiger and bunny ya...?
    gara-gara episode 12, fetish om om saia akhirnya hilang XD

    steins;gate=madoka magica?
    pffft...mantab gan..(o.<)v

    ReplyDelete
  2. Haha saya suka sih tipe manga abnormal kayak gitu :p

    Ehh jadi udah nggak suka om Taiga lagi kah? Favorit saya sih tetap si Karina <3

    Yah tapi itu tergantung juga gimana endingnya Steins;Gate nanti. Mari kita tunggu.

    ReplyDelete
  3. karina si blue rose? itu juga fave saia...XD
    oh ya cewe bersinyal (denpa onna to seishun otoko) belum nonton...=_="
    coba dulu ah...

    ReplyDelete
  4. Aku setuju soal gimana anime musim semi luar biasa menghibur. Tapi, kau serius menonton sebanyak itu? O_o

    Aku sependapat denganmu soal Steins;Gate. Hingga kini aku masih mengikutinya bersama HanaSaku Iroha.

    Ah, satu lagi. Aku baca Katteni Kaizo. OTL

    ReplyDelete
  5. @mbak kira
    Bagus tuh Denpa.. Cobain aja.

    @bro alfare
    Haha iya mumpung ini lagi liburan kuliah jadi semua anime yang ada disantap
    Tapi ntar kalo udah masuk bakal berkurang drastis waktu buat nonton. orz

    Katteni Kaizo memang unik. Leluconnya terkadang terlalu aneh untuk disebut lelucon, tapi tetap membuat tertawa. Kelihatannya memang bukan bacaan buat orang mainstream sih..

    ReplyDelete