Cara Menggunakan ePSXe (Part 2 - Menjalankan Game)

/
25 Comments
Baca part-1

Selesai menkonfigurasi, jangan senang dulu. Perjalanan kita masih panjang. Isi HP dan MP anda terlebih dahulu sebelum lanjut ke bagian berikutnya. Pada bagian ini saya akan menjelaskan pada anda jenis-jenis file ROM yang bisa dimainkan pada ePSXe.

1.file ISO
Jika anda mendownload game dalam format ini, berbahagialah anda karena anda bisa langsung memainkan game tersebut. Saya beri contoh game Harvest Moon Back to Nature milik saya.

Jalankan ePSXe. Klik menu File lalu pilih Run ISO. Pilih file Harvest Moon - Back To Nature.iso lalu open.

Maka game pun berhasil dijalankan !


2.file BIN
Hampir sama dengan file ISO, game dengan format BIN juga langsung dapat dimainkan. Caranya pun sama. Disini saya menggunakan game Suikoden.

Klik File lalu Run ISO. Kemudian pilih file Suikoden.bin lalu klik open. Maka game Suikoden pun dapat dimainkan !


3.file IMG
Masih sama dengan format ISO maupun BIN. Sebagai contoh akan saya gunakan game Legend of Legaia. Dalam file archivenya terdapat 3 file (sejujurnya saya nggak tau untuk apa 2 file lainnya).

Yep seperti biasa pilih file lalu Run ISO. Pilih Legend of Legaia.img lalu open. Congrats game berhasil dijalankan !


4.file ECM
Format ini cukup merepotkan karena harus terlebih dahulu mendownload sebuah software bernama ECM. Untuk penjelasan ini saya menggunakan game Suikoden II. Pertama - tama extract file ECM.rar lalu masukkan file yang berformat EM tersebut ke folder ECM.
Lalu drag (tahan) file tersebut ke file unecm.exe seperti berikut ini.
Maka akan muncul jendela seperti ini.
Tenang saja tunggu sampai selesai. Setelah 100% akan ada file baru berformat BIN jalankan file tersebut dengan ePSXe seperti biasa.


5.file MDF
Format yang terakhir adalah format MDF. Game berformat ini agak rumit. Tapi jika anda terbiasa menggunakan Daemon Tools maka hal ini akan semudah membalik telapak tangan. Kali ini saya memakai game Vagrant Story untuk dijadikan contoh.

Pertama anda harus menginstal Daemon Tools terlebih dahulu. Maka akan ada icon Daemon di sudut kanan bawah seperti berikut.

Kemudian klik kanan pada icon tersebut, pilih Virtual CD/DVD-ROM. Pilih set number of devices menjadi 1 drive. Kemudian mount image file MDF tersebut.

Setelah itu jalankan ePSXe Lalu pilih Config Cdrom Plugin. Pilih Configure. Kemudian pada pilihan drive pilih drive yang telah di mount tadi (misalnya pada PC saya drive H:). Lalu ok. Setelah itu pilih File kemudian Run CDROM. Game berhasil dijalankan!

Wah panjang juga yah postnya. Terima kasih sudah membaca :D
NB : Post ini kudedikasikan untuk grup Indonesian Gamerz Guild

25 comments :

  1. kal di komputer ene pas ngejalanin file apa aja, pasti saale NO WGL EXTENSIONS itu kenapa ya..
    mohon bantuan nya

    ReplyDelete
  2. sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. thanks bro.....saya ampe pusing cari cara mengubah tu..file akhirnya ketemu....thanks

    ReplyDelete
  4. kok gag bisa ya qw pke file IMG

    ReplyDelete
  5. Thaks ya coy.....
    tp gw download ICM nya sempet pusing....
    tp akhirnya bisa juga...
    ^_^.........................

    ReplyDelete
  6. thx banget buat infonya....
    ^^

    ReplyDelete
  7. Wah... Nice bro... Gw dah ada ecm nya, tp bngung pakenya gmana, browsng2 akhrnya nemu juga,thanks... ~^_^~

    ReplyDelete
  8. baru skarang aku tw cara menggunakan MDF...
    T_T
    hiks hiks...
    thanks bro........

    ReplyDelete
  9. tempat download game.nya dimana ???
    Tankh's

    ReplyDelete
  10. nice info bro,,
    @Devil: go here-> http://batercus.blogspot.com, you can find complete PS1 game, and find how to use gameshark with PS1 emulator..

    ReplyDelete
  11. download harvestmoon back to nature.iso dmana?

    ReplyDelete
  12. Silakan kunjungi blog ini :) http://batercus.blogspot.com/

    ReplyDelete
  13. kalo imagediff gmana yah ?
    Contohny legend of mana.bin.imagediff .
    Ilangin imagediffny gmana ?

    ReplyDelete
  14. Saya belum pernah menemui tipe file kayak gitu, coba hilangkan saja ekstensi *.imagediff-nya

    ReplyDelete
  15. yang di maksud HP/MP itu apa ci.di penggaturan ePSXe ga ada tulisan itu....
    tolong donk mentok ni....

    ReplyDelete
  16. mbak minoru saya download harvestmoon ver.indo yg formatny rar yang didalamny banyak file dan ada yg .bin tapi ga kebaca sama emulatorny,dijadiin image,di extrak,dll ga biasa2......mohon pencerahanya mbak...

    ReplyDelete
  17. punya w malah jdi item layar nya game nya ga play" lagi knpa ya ???
    mohon petunjuk nya....

    ReplyDelete